Sabtu, 19 Mei 2012

KEKAYAAN SEJATI

            Seorang saudagar tua melihat pemuda yang berbadan tegap dan berwajah tampan tetapi pemuda itu terlihat lesu dan bebrbicara sendiri kenapa saya dilahirkan sebagai orang miskin dan bernasib jelek. Mendengar ratapan pemuda itu Saudagar tua tersenyum sambil berkata bijak, hmmm seharusnya kamu tidak perlu bermuram durja seperti itu. justru engkau sangat kaya.
                  Mendengar itu pemuda tadi langsung marah, Tuan tolong jangan permainkan saya. Hahahahaha jangan marah dulu, sesungguhnya kamu sangat kaya raya coba jawab pertanyaanku. Jika aku bayar 5 Kg emas maukah engkau menukar kesehatanmu dan besok engkau menderita sakit???. Saya tidak mau.. jawab pemuda itu. Baik aku naikkan penawaranku jika aku bayar 10 Kg emas maukah engkau menukarkan ketampananmu dan besok engkau menjadi orang jelek dan menyeramkan???. Saya tidak mau jawab pemuda itu.
                   Hebat...sekarang aku tambah lagi 50 Kg emas. Nah maukah engaku menukarkan kebijaksanaanmu dan besok engkau menjadi bodoh dan idiot???. Tidak mau ..... buat apa hidup kalau tidak punya otak! tidak aku tidak mau. Saudagar itu semakin tertantang, baiklah ini penawaran terakhirku dari semua penawaranku tadi kutambah 85 Kg emas  maukah engkau menukar nuranimu sehingga besok engkau boleh menipu dan membunuh orang sesuka hatimu???.
                 "Gila..... ! Tuan, saya bukan orang seperti itu. Saya masih punya harga diri dan hati nurani. Nah anak muda sekarang engkau mempunyai 150 Kg emas dan itu jumlah yang sangat sangat sangat sangat besar. Tetapi tidak ada satupun dari dirimu yang bisa aku beli. Berarti apa yang engkau miliki sangat berharga dan tidak ternilai harganya.
                 Sesungguhnya kekayaan yang melekat pada dirimu memang nilainya jauh melebihi 150 Kg emas. Itulah modal dan kekayaan yang sesungguhnya. Aku sudah membuktikan bahwa engkau sangat kaya, maka berhentilah meratapi nasib dan mulailah berusaha!!!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar